Pembekalan Kompetensi Kegawatdaruratan




STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap baru-baru ini menggelar pelatihan ‘Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) bagi tenaga profesional kesehatan di Aula STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Kegiatan unggulan  ini terselenggara atas kerjasama dengan tim dari EMS  (Emergency Medical Service) 119, Jakarta.

Ketua Panitia Pelatihan Ns. Evy Apriani, M.Kep, menjelaskan bahwa kegiatan itu diikuti oleh 163 peserta yang terdiri dari para alumni Program studi D3 Keperawatan dan Profesi NERS STIKES Al-Irsyad Cilacap, serta tenaga perawat Rumah Sakit di seputar Cilacap. Lebih jauh Evy menjelaskan bahwa  tujuan pelatihan BTCLS ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan para tenaga medis, terutama dalam menangani pasien–pasien yang membutuhkan perawatan kegawatdaruratan.

Di era modern saat ini,  tuntutan masyarakat agar tenaga medis atau perawat bisa lebih professional semakin besar. “Sehingga, diharapkan risiko kematian akibat salah penanganan kondisi gawat darurat pertama bisa ditekan,” ujarnya. Dengan demikian bekal kompetensi ini pada akhirnya juga diperlukan dalam persaingan memasuki pasar tenaga kerja keperawatan. Pada pelatihan ini, peserta mendapatkan materi teori 40%, dan praktik 60% dari dokter dan tim ahli lainnya yang berkompeten di bidangnya. dari   dari RS Jakarta dan  EMS 119 Jakarta.










Ketua STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan menyampaikan, apresiasinya dengan terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, pengetahuan untuk menangani pasien sejak tahap awal dengan cara yang benar akan sangat memengaruhi hasil perawatan terhadap pasien yang bersangkutan selanjutnya. “Kalau penanganan awalnya sudah bagus, maka hasil akhirnya akan bagus pula. Sedangkan kalau awalnya sudah salah, akibatnya bisa fatal,” kata Ketua STIKES

Dia mengaharapkan, peningkatan ketrampilan untuk tenaga medis itu bisa terus digelar secara periodik. Selain itu,  latihan–latihan yang lebih sering juga akan meningkatan kualitas tenaga medis itu. 

Author : Zulfikar Yusya Mubarok

0 Response to "Pembekalan Kompetensi Kegawatdaruratan "

Posting Komentar