Muhammad Al-Fatih Penakluk Konstantinopel





“Sungguh Konstantinopel akan ditaklukkan. Sebaik-baik pemimpin adalah penakluknya, dan sebaik-baik pasukan adalah pasukannya.” (H. R. Ahmad)

Delapan abad lamanya, mimpi indah itu tersimpan rapi dalam kitab hadits. Bukan tidak ada yang berminat mewujudkan sabda Rasulullah Saw itu. Malahan sangat banyak yang sudah berusaha mewujudkannya, termasuk Abu Ayyub al-Anshari. Kuburannya yang ditemukan di dekat benteng konstantinopel menjadi bukti nyata tekad kuatnya untuk menjadi pewujud hadits Rasulullah Saw.

Tapi, sejarah besar memang hanya akan ditorehkan oleh orang-orang besar. Muhammad bin Murad bin Muhammad Jalabi salah satunya. Al-Fatih, demikian gelarnya, dalam usia yang sangat muda, 25 tahun, berhasil membuktikan diri sebagai pewujud ramalan Rasulullah Saw. sebagai penaklukkan konstantinopel dan wilayah-wilayah lainnya.

Bangsa Turki merupakan nenek moyang dari Muhammad al-Fatih, sampai beliau lahir. bangsa Turki bertemu dengan Islam hingga kemudian mereka menjadi pemeluk dan pembelanya. Al-Fatih sangat mencintai ilmu,  menghormati para ulama dan  rajin menghadiri majelis-majelis ilmu.

Muhammad al-Fatih, yang menggantikan ayahnya menjadi sultan pada usia 12 tahun juga sangat mencintai Islam, sehingga ia mengerahkan segala upaya untuk menyebarkan Islam ke seluruh daratan Eropa. Salah satu tembok penghalang untuk meyebarkan Islam ke daratan Eropa adalah masih adanya Konstantinopel. Konstantinopel merupakan wilayah yang sangat strategis dan kuat. Bentengnya yang tinggi, kokoh dan berlapis sangat sulit untuk ditaklukkan. Belum lagi perlindungan laut dengan jalinan rantainya dan bantuan militer dari negara-negara di sekitarnya, menjadikan Konstantinopel benar-benar wilayah dengan pertahanan terbaik pada masanya.

Akhir kehidupan al-Fatih, Sang Penakluk Konstantinopel ini wafat karena konspirasi keji yang dilakukan  musuh-musuh Islam. Inspirasi kepahlawanan dan kecintaan terhadap ilmu dan Islam yang disampaikan melalui sosok Muhammad al-Fatih, dapat menambah semangat untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan generasi muda Islam kepada Allah SWT.

Author : Slamet Wahyudin 

0 Response to "Muhammad Al-Fatih Penakluk Konstantinopel"

Posting Komentar