Belajar Ilmu Kehidupan (Mengasin Telur)






KB/ TK Al Irsyad 02 Cilacap diselimuti dengan Sinar Matahari yang begitu cerah, secerah warna gedung Kampus Pelangi Ceria ini. Ikrar/doa dan sholat berjamah telah usai dilakukan. Semua anak didik telah duduk diteras halaman sekolah untuk melakukan kegiatan membuat telur asin.




Membuat telur asin merupakan salah satu pembelajaran muatan lokal (mulok) yang dilaksanakan di KB/TK Al Irsyad 02. Sebelumnya mereka telah belajar menyanyikan lagu “membuat telur asin”, untuk memompa semangat mereka mewujudkan nyanyian yang telah mereka kuasai. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini, yang merupakan warisan para Nabi. Sejak kecil anak-perlu dikenalkan dengan ketrampilan membuat sesuatu yang akan membuat dirinya percaya diri karena bisa melakukan sesuatu yang berguna.




Selain tujuan utama tersebut, ada beberapa tujuan yang tersirat, seperti  menanamkan pendidikan karakter. Dalam proses pembuatan telur asin,  karakter kesabaran, usaha/kerja keras, keuletan, kehati-hatian dan lain-lain bisa tergali secara alamiah. Diaharapkan hal ini akan membekas dan menjadi fondasi pada proses pendidikan selanjutnya.












Kegiatan dimulai dengan membaca doa, yang dilakukan di teras halaman sekolah. Kemudian   dilanjutkan dengan mendengarkan penjelasan tentang cara membuat telur asin oleh ustadzah Martini, pembimbing kegiatan Mulok. Selama kegiatan berlangsung, anak didik terlihat semangat, antusias dan sabar.Mereka juga didampingi oleh beberapa ustadzah lainnya.

Selanjutnya anak mendapat penjelasan tentang cara mengamplas telur bebek hingga  membuat adonan pembungkus telur.  Adonan  terbuat dari percampuran batu bata yang sudah dihaluskan dengan abu serta garam. Kelompok Soka (Kelompok Bermain) tak kalah ketinggalan ikut andil dengan membuat adonan  batu bata. Sedangkan Kelompok A (MAWAR dan Melati) dan Kelompok B (Nusa Indah dan Dahlia) juga tak kalah semangatnya dengan kelompok siswa yang lebih senior.

Tak lama kemudian anak-anak dengan dibantu ustadzah melakukan pembungkusan telur bebek dengan adonan yang sudah dibuat. Hingga proses akhir pun anak-anak masih terlihat ceria dan gembira. Jadi, Tak hanya usia kelas SD saja yang memperoleh pembelajaran mulok. Anak Usia Dini pun tak kalah, mereka pun bias membuat telur asin dengan bimbingan para ustadzahnya yang super, hebat kan?! Bravo Kampus Pelangi Ceria…….

Author : Ceskha Nur Rina

0 Response to "Belajar Ilmu Kehidupan (Mengasin Telur)"

Posting Komentar