Peduli Kesehatan Gigi Anak




”Siapa yang rajin menggosok gigi?”
“Hayoo... sebaiknya sehari berapa kali kita menggosok gigi?”
Suara lembut drg. Irna dari Puskesmas Cilacap Selatan menyapa anak-anak kelas 3 di aula SD Al-Irsyad 01 Cilacap. Anak-anak yang disapa kebanyakan terlihat malu-malu untuk menjawab, namun ada juga  yang berani menjawab. Hari itu anak-anak akan bergosok gigi bersama. Kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap tahun oleh Unit Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Puskesmas Cilacap Selatan dengan penyuluhan. Sebelumnya sudah dilakukan pengecekan dan kebersihan gigi untuk anak kelas 1.

Sebelum melakukan sikat gigi, anak-anak diberi pengarahan cara tepat menggosok gigi. Saat penyuluhan inilah banyak diantara mereka yang menyadari bahwa selama ini ternyata banyak yang salah dalam menggosok gigi. Ada juga giginya yang sudah berlubang sehingga dirujuk langsung ke dokter gigi di puskesmas atau rumah sakit.

Anak-anak kelas 3 juga banyak yang dicabut giginya lho.... Waduh!! Serem ya...?? Tidak juga kok....  Mengapa gigi mereka perlu dicabut? Ternyata yang dicabut adalah gigi susu yang sudah mulai goyang karena gigi tetap akan segera tumbuh. Nah, gigi susu biasanya akan tanggal sendiri dari umur 6-12 tahun, sebab kalau tidak segera dicabut bisa jadi akan saling tumpang tindih dengan calon gigi permanen sehingga kelak gigi akan tumbuh tidak beraturan hingga dewasa.

“Anak-anak disini antusias dan mudah mengerti ketika diberi pengarahan. Mungkin tadi masih ada yang takut sampai nangis ketika giginya dicabut, tapi setelah tahu manfaat dan diberi semangat teman-temannya jadi nggak takut lagi” Ungkap drg. Irna sambil tersenyum. Gigi yang rapi dan sehat akan membuat seseorang lebih percaya diri dibandingkan gigi yang tidak beraturan atau  berlubang (carries).

Dari kegiatan ini diharapkan anak-anak akan lebih berani ke dokter gigi dan lebih bertanggungjawab terhadap kesehatan gigi masing-masing. “Mencegah lebih baik daripada mengobati. InsyaAlloh kegiatan kerjasama yang positif ini akan terus dilakukan disini agar anak-anak lebih peduli kesehatan gigi dan mulut hingga dewasa dan lebih rajin menggosok gigi,” papar Ustadz Mukhasin, Kepala Sekolah SD Al-Irsyad 01 Cilacap.

0 Response to "Peduli Kesehatan Gigi Anak"

Posting Komentar