Happy English


Salah satu program unggulan SMA Al-Irsyad Cilacap adalah Happy English. Program yang awalnya   berbasis kelas bahasa Inggris saja itu, akan dikembangkan menjadi  lintas mata pelajaran. Program ini sebenarnya sudah lama dijalankan oleh guru-guru bahasa Inggris di SMA Al-Irsyad Cilacap.

Di  kelas bahasa Inggris,  siswa diajak  untuk berbahasa Inggris, walaupun tidak penuh,  yaitu pada ungkapan-ungkapan yang sederhana dan pendek saja.Seperti memimpin doa untuk memulai pelajaran dan mengakhiri pelajaran dengan bahasa Inggris. Juga kalau mau Ijin ke kamar mandi, siswa harus ijin dengan menggunakan bahasa Inggris. “May I go to toilet, please?” setelah itu guru bahasa Inggris akan menjawab “Yes, you may. But don’t be too long”.

Kalau mereka akan ijin ke luar kelas tanpa menggunakan bahasa Inggris maka jangan harap guru bahasa Inggris akan mengijinkan. Dengan demikian para siswa dipaksa untuk berbahasa Inggris walaupun terbatas pada situasi tertentu. Ingat ala bisa karena biasa dan ala biasa karena dipaksa. Ternyata pemaksaan ini memang membuahkan hasil yang cukup baik.  
 
Welcome to Happy English
Di tahun ajaran baru, SMA Al-Irsyad Cilacap akan menerapkan program ini berbasis   lintas mapel. Menurut Partana, Kepala Sekolah SMA Al-Irsyad, nantinya para guru akan melakukan aktifitas-aktifitas di kelas yang dulunya dilakukan dengan bahasa Indonesia  menjadi berbahasa Inggris. Misal, saat berdo’a pada jam pertama sebelum pelajaran dimulai dan berdo’a pada jam terakhir sebelum mereka pulang akan menggunakan bahasa Inggris. 

Kusrihadi, selaku guru bahasa Inggris senior pun telah siap jauh-jauh hari sebelumnya dengan teks doa berbahasa Inggris. Sebelumnya, seluruh guru akan dibimbing oleh guru bahasa Inggris tentang percakapan mengawali dan mengakhiri pembelajaran dan ungkapan lainnya.

Author : Kusrihadi


0 Response to "Happy English"

Posting Komentar