Alhamdulillah… Aku bisa berbagi



Sepenggal syair lagu jangkrik genggong menyambut kami, rombongan TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap, yang dinyanyikan oleh paduan suara panti jompo Dewanata. Saat tampil, para kesepuhan ada yang masih kuat berdiri, dan ada yang sambil duduk, karena usia yang tidak lagi muda. Tapi mereka sangat bersemangat.

Ada apa yach , kok anak TK Al Irsyad ada di panti jompo? Ya benar, mereka mengadakan kegiatan bakti sosial ke panti jompo “Dewanata” yang beralamat di desa Slarang, kecamatan Kesugihan, kabupaten Cilacap, yang merupakan agenda tetap semesteran TK  Al Irsyad 01 Cilacap. Dana sumbangan berasal dari infaq yang dimasukkan botol setiap hari.

Rombongan berangkat dari sekolah sekitar pukul 08.00 wib, dengan menggunakan sekitar 28 mobil milik para wali murid, yang merelakan mobilnya dipakai untuk membawa anak didik. Dalam perjalanan, anak-anak sangat bergembira, sambil melihat pemandangan kanan dan kiri, dan bercerita dengan temannya. Bahkan memanggil – manggil teman yang ada di mobil belakangnya.

Sekitar pukul 08.30, iring-iringan mobil memasuki halaman panti jompo. Anak-anak kemudian dibawa ke ruang balai pelayanan. Di sana,  para mbah kakung dan mbah putri yang berseragam panti sudah duduk berjajar rapi di kursi. Keharuan menyelimuti suasana. Ada beberapa wali murid yang berusaha menahan tangis, teringat keluarganya.

Sekitar pukul 09.00, acara dimulai, yang diawali dengan sambutan dari pihak panti jompo. Dalam sambutannya, Ibu kepala panti berharap dengan kunjungan ini, dapat  ditumbuhkan kepedulian sosial  anak didik.  Jumlah penghuni panti  sekitar 100 orang, yang berasal dari sekitar karesidenan Banyumas. Sekitar 33 orang diantaranya sudah berada di ruangan khusus, karena sudah tidak mampu lagi mengurus dirinya sendiri. Semua aktifitas ada di tempat tidur dan dibantu oleh petugas panti.  

Acara berikutnya ialah sambutan Wakil Kepala Sekolah, yang dilanjutkan dengan  pemberian bingkisan secara simbolik. Sebelum ditutup, acara diisi dengan hiburan. Beberapa dari anak didik TK Al-Irsyad 01 menampilkan pembacaan Surat al Baqarah, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu berbahasa jawa yang berjudul “Sapa Kae” dan “Yen Esuk”. Semua anak didik dengan penuh semangat menghibur para mbah. Ada juga mbah yang menghibur para cucunya dengan menyanyikan lagu dondong Opo Salak dan Ayah.  Mbah kakung menyanyikannya dengan penuh penghayatan. Terlihat beberapa wali murid dan  ustadzah mengusap air mata, karena   teringat ayahnya yang sudah tiada-lagi.

Pukul 10.15 acara berakhir. Perwakilan dari tiap kelas memberikan bingkisan secara langsung kepada para mbah. Terpancar wajah bahagia  mereka dan wajah  anak didik. Ayo rajinlah bersilaturrahmi dan membantu.  Allah suka anak yang suka menolong lhoo… 

Author : Tatun Fitriatun
  

0 Response to "Alhamdulillah… Aku bisa berbagi"

Posting Komentar