Keajaiban dalam Lubang Telinga




Ciptaan Allah SWT senantiasa menakjubkan dan penuh keajaiban. Salah satu bukti keajaiban ciptaan Allah SWT yang ada pada kita adalah organ pendengaran yaitu telinga.

Keajaiban desain pada penciptaan lubang telinga yang pertama adalah bentuk lubang telinga yang masuk melandai ke bawah, kemudian menyudut ke atas. Bentuk lubang seperti ini tentu saja menyulitkan debu, bakteri dan partikel asing lainnya untuk masuk lebih dalam namun mudah untuk bergerak keluar. Bentuk telinga yang melandai ke bawah juga memudahkan proses pengeluaran air apabila telinga kemasukan air.

Keajaiban pada lubang telinga selanjutnya adalah adanya rambut-rambut yang sangat halus. Rambut-rambut halus ini berfungsi sama seperti rambut-rambut halus dalam hidung yaitu menyaring udara yang berada dalam telinga agar bersih dari debu dan bakteri. Rambut-rambut halus ini bekerjasama pula dengan cerumen  untuk menangkap dan mengikat bakteri dan debu yang masuk ke dalam telinga.

Keajaiban selanjutnya dalam lubang telinga adalah terbentuknya cerumen. Terbentuknya cerumen dalam lubang telinga sangat membantu proses pejagaan telinga dari partikel asing. Cerumen adalah semacam getah yang dihasilkan kelenjar pada kulit lubang telinga. Cerumen berfungsi melapisi lubang telinga agar kedap air, mencegah infeksi dan ‘menangkap’ partikel yang masuk ke dalam telinga. Orang biasa menyebutnya dengan tahi telinga atau kotoran telinga. Sebenarnya ini keliru, sebab cerumen yang terbentuk pada telinga sejatinya bukanlah kotoran tetapi merupakan getah yang menangkap dan membawa kotoran tersebut keluar dari lubang telinga.

Cerumen akan terbentuk sedikit demi sedikit dan membawa keluar kotoran yang tertangkap. Proses pengeluarannya bersamaan dengan ketika kita berbicara atau mengunyah makanan. Setelah cerumen sampai di luar lubang telinga, ia akan menguap karena panas atau jatuh karena mengering.

Melihat mekanisme penjagaan dan pembersihan lubang telinga seperti tersebut, kemudian muncul pertanyaan, apakah kita perlu membersihkan sendiri lubang telinga kita? Sebenarnya tidak perlu sebab telinga telah memiliki mekanisme sendiri untuk menjaga dan membersihkan kotoran yang masuk ke dalamnya. Selain itu, usaha membersihkan sendiri tersebut dapat mengganggu mekanisme penjagaan dan pembersihan dari telinga itu sendiri. Lebih dari itu, pembersihan sendiri dapat merusak selaput gendang telinga sehingga menghilangkan kemampuan pendengaran. Namun bila terjadi penggumpalan cerumen, rasa sakit, perih atau gatal yang di luar batas kewajaran, maka segera berkonsultasi dengan klinik THT (Telinga Hidung Tenggorokan) atau menghubungi unit layanan kesehatan terdekat.

0 Response to "Keajaiban dalam Lubang Telinga"

Posting Komentar