Ganti Kulit????






Apa sih ganti kulit itu?
Semua orang pasti pernah mengalami masalah kulit,biasanya masalah yang sering kita alami atau jumpai tentang masalah kulit.Masalah yang sering kita jumpai tentang penyakit ini yaitu pergantian kulit atau yang biasanya kita sebut Ganti kulit.Kenapa ganti kulit? Ganti kulit adalah kondisi dimana kulit kita mengelupas dibagian telapak tangan atau sekitarnya.Hal ini terjadi dikarenakan adanya pergantian kulit yang mati menjadi kulit yang baru lagi. Kenapa bisa ganti kulit? Kadang kita penasaran atau bahan kepo kenapa kulit kita ngelupas sih? Gimana biar gak ngelupas lagi?Biasanya kita langsung menganggap jika kita salah sabun,deterjen,atau karena air yang kita gunakan gak cocok buat kulit kita.Yappss sebenernya bener ganti kulit biasanya karena salah atau kurang cocok sama bahan kimia yang kita gunakan.

Hal ini ternyata  sangat wajar karena itu termasuk proses regenerasi alami kulit. Pengelupasan sel kulit mati sebenarnya terjadi secara rutin setiap bulannya, dan tidak heran kalau mendadak kamu menemukan pengelupasan kulit di beberapa area telapak tanganmu. Tapi tenang dulu karena pengelupasan tersebut biasanya terjadi hanya beberapa saat saja ,biasanya dalam waktu 3 sampai 4 minggu.

Kenapa ganti kulitnya lama?
Namun, tidak menutup kemungkinan juga bila pengelupasan kulit bisa berlangsung lama.Hal ini bisa terjadi karena beberapa factor tergantung dari tipe dan jenis tangan kita.  Bila hal ini sudah pada tahap mengganggu penampilan kamu, maka ada sebab lain yang mungkin menjadi pemicunya.

Contohnya:

  1. Pemakaian produk yang menyebabkan eksfoliasi/pengelupasan
  2. Produk perawatan/kosmetik yang digunakan tidak cocok
  3. Udara yang dingin atau pergantian cuaca
  4. Kehilangan kelembaban kulit
  5. Kurang asupan nutrisi, dan lain sebagainya


Kenapa yang paling sering telapak tangan dan kaki? Hal ini bisa terjadi karena bagian telapak tangan adalah bagian yang sering digunakan untuk melakukan hal apa saja dalam sehari-hari.Iritasi terhadap bahan-bahan yang kita gunakan ini membuat telapak tangan kita menjadi mati sel-selnya dan digantikan dengan yang baru.Usahakan hindari bahan kimia seperti sabun yang mengandung pewarna,pewangi,atau antiseptic.Sebaiknya ganti dengan sabun atau bahan yang tidak terlalu berbahaya seperti sabun bayi dan rajin memakai pelembab kulit seperti bodylotion.

Apakah  penyakit ini berbahaya??
Seperti yang sudah diterangkan diatas sebenernya ini hal yang wajar yang umumnya dialami oleh semua orang.Dan jika masih ditahap kewajaran dan hanya dalam beberapa hari masih dikategorikan penyakit yang tidak berbahaya namun ika sudah dalam jangka waktu yang lama dan merasa panas,perih dan bintik-bintik merah dianjurkan untuk bisa konsultasi kepada dokter ditakutkan akan menjadi gejala dari penyakit yang berbahaya.

Author : Isnaeni Ratna Siwi, S1 Farmasi

0 Response to "Ganti Kulit????"

Posting Komentar