Car Free Day Ala SMA Al-Irsyad





Berani sumpah, Pemandangan di SMA Al-Irsyad Cilacap pada hari Sabtu tahun 2012 memang berbeda dengan hari-hari Sabtu lainnya. Pasalnya, pada hari itu ada kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (Car Free day). Bukan bermaksud latah dengan ikut-ikutan Car Free Day – Car Free Day-an yang telah menjadi ten di kota-kota di wilayah Indonesia, tapi justru karena prihatin akan menipisnya cadangan sumber daya alam, khususnya minyak bumi serta meningkatnya emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global.

Car Free Day ala SMA Al-Irsyad Cilacap ini diawali dengan berpitria (baca: bersepedaria) ke sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan jalan santai. Start dari halaman SMA di Jl. Jendral Soedirman-Jl. Kauman- Jl. Duren-Jl. DI Panjaitan-Jl.Kalimas dan finish di halaman SMA. Sambil istirahat murid-murid menyaksikan pengundian door prize. Sekolah juga membagikan alat-alat kebersihan berupa sapu lidi kepada masyarakat sekitar.

“Dengan slogan Sabtu bersih, Sabtu Sehat, dan Sabtu bebas asap diharapkan seluruh warga civitas akademika SMA Al-Irsyad Cilacap bisa belajar untuk memulai hidup sehat”, kata Ust. Partana Ketua Panitia Car Free Day. “Yach, minimal satu hari ini di sekolah tidak ada asap kendaraan bermotor yang sudah bikin kotor”, Aziz Muhammad Aziz sang ketua OSIS yang juga Panitia Car Free Day Tahun 2012 menambahkan.

Peduli walau satu hari untuk bebas menikmati lingkungan tanpa asap. That the point.

Author : Kusrihadi

0 Response to "Car Free Day Ala SMA Al-Irsyad"

Posting Komentar