Benteng Pendem, Kami Menemukanmu!!




Ada yang beda  sabtu pagi itu. Kami duduk berjajar rapi di halaman sekolah tercinta SD Al-Irsyad 01 Cilacap sambil mendengarkan Ustadz Ari memberi pengarahan. Hari itu sudah kami tunggu-tunggu sejak lama. Alhamdulillah.... akhirnya datang juga! Kami akan berangkat eduadvanture ke Benteng Pendem Cilacap dengan menaiki kereta kelinci. Asyik....

Kenapa cuma ke Benteng Pendem? Lha... yang orang cilacap saja belum tentu pernah ke Benteng Pendem apalagi orang luar kota makanya kami tetap semangat ikut eduadvanture ke sana. Lagipula kata Ustadz/Ustadzah, Benteng Pendem merupakan wisata sejarah yang mengasyikkan.  Selain bisa belajar IPS, kami juga bisa belajar Sains, sekaligus berpetualang dan tadabur alam mengagungkan ciptaan Allah.

Disana kami dipandu oleh Ibu Yuli Pramolani,Ibu Tasya, teman kami. Dari beliau kami jadi tahu kalau Benteng Pendem dibangun 1861 dan merupakan peninggalan Belanda, sebagai bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda. Luasnya kira-kira 6,5 hektar dan dibangun selama 18 tahun. Bangunan benteng pendem terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang amunisi.

Dari sisi sains, di Benteng Pendem kami belajar berbagai jenis pohon dan tanaman disana. Ada pohon waru, ketapang, beringin, palm dan sebagainya. Ada juga hewan kijang yang dibiarkan hidup bebas disana. Alhamdulillah... kami berkesempatan melihat secara langsung sekumpulan kijang yang sedang merumput di dekat ruang amunisi.

Kami melanjutkan belajar dengan berpetualang, bermain kompetisi tarik tambang dan rantai holahop antar kelas. Dari kompetisi ini kami bisa belajar berbagai hal, seperti belajar kerjasama, tanggung jawab, strategi, dan kekompakan. Ustadz/Ustadzah juga selalu mengingatkan kami supaya bersyukur sudah dapat melihat indahnya alam di Benteng Pendem, bersyukur dengan segala nikmat yang diberikan Allah karena sudah bisa mengikuti acara ini dan   belajar berbagai hal.

Akhirnya kami   menemukan Benteng Pendem yang sempat “hilang” dari ingatan kami. Menjelang siang kami segera pulang karena sang surya semakin menyengat. Terimakasih Ustadz/Ustadzah, Ayah & Bunda kami dari komite sekolah yang mendukung penuh eduadvature yang sangat menyenangkan ini. Ayo kapan kita belajar dan berpetualang lagi?

Author : Saryati


0 Response to "Benteng Pendem, Kami Menemukanmu!!"

Posting Komentar