B E N T O L…You Know Why ?






Guys… Kalian pasti sudah sering mendengar kata “B E N T O L”,ternyata di balik 5 huruf tersebut mengandung cerita tersendiri lho!. Apa itu ? let’s go kita simak ceritanya….

Fakta unik yang perlu kalian ketahui dari serangga ini adalah bahwa tidak semua nyamuk menggigit dan menghisap darah manusia. Hanya nyamuk betina yang melakukannya. Mengapa demikian?karena darah yang dihisap  oleh nyamuk tidak digunakan sebafgai makanan,melainkan untuk proses proses produksi telur dalam tubuhnya. Nyamuk betina tersebut membutuhkan protein darah mangsanya untuk proses produksi telur mereka. 

Setelah menghisap darah dari tubuh manusia dalam jumlah yang cukup,nyamuk betina akan berhenti beraktivitas untuk sementara.

Selama masa istirahat tersebut,nyamuk memroduksi telur dalam tubuhnya. Protein dan zat besi yang terdapat dalam darah digunakan untuk  menghasilkan asam amino yang merupakan bahan utama untuk mensintesa protein kuning telur.

Nah,sekarang pertanyaannya adalah mengapa terasa gatal ketika digigit nyamuk?
Sebenarnya sebutan yang tepat bukan digigit,akan tetapi dibedah.Karena,pada tubuh mangsanya,ia akan segera menempel kan proboscis-nya pada kulit. Proboscis adalah alat yang berfungsi untuk menghisap darah mangsanya. Proboscis ini mirip jarum,sangat halus dan berukuran lebih panjang dari ukuran kepalanya.

Pada proboscis ini terdapat alat tajam seperti pisau yang dapat merobek kulit maju-mundur hingga menemukan pembuluh darah. Kemudian nyamuk mulai menghisap darah dengan menggunakan proboscis. Proses ini berlangsung sangat cepat,sehingga sekilas anda hanya melihat bahwa nyamuk tersebut menusuk kulit.

Padahal tidak,nyamuk tersebut telah melakukan pembedahan kecil pada kulit kita, layaknya para dokter ahli bedah yang professional. Ketika nyamuk menghisap darah manusia dengan probosic-nya,pada saat yang sama nyamuk juga menyuntikkan air liurnya.

Air liur ini mengandung zat-zat yang berfungsi sebagai zat antikoagulan (zat anti pembekuan darah),sehingga nyamuk bisa menghisap darah  dengan cepat,karena darah tetap encer. Air liur yang masuk pada jaringan darah,dan menempel pada kulit kita, merupakan zat asing bagi tubuh. Sehingga, sistem kekebalan tubuh secara spontan segera bereaksi dengan mengeluarkan antibody untuk melawan zat-zat asing pada air liur nyamuk tersebut.

Reaksi ini memicu pelepasan suatu senyawa yang disebut histamin. Histamin itu sendiri adalah senyawa yang dapat memicu peradangan atau inflamasi pada jaringan tubuh. Histamin tersebut berperan penting dalam membantu zat antibodi dan senyawa protein lain dalam melawan zat atau benda “asing” yang masuk dalam jaringan tubuh.

Reaksi histamin selain menimbulkan peradangan juga dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah yang ditusuk oleh proboscis nyamuk. Hal ini terlihat jelas pada munculnya gejala benjolan merah muda atau yang biasa kita sebut “B E N T O L”dan terasa gatal pada permukaan kulit yang digigit/ditusuk nyamuk.

Jadi, jangan pernah kasihan atau berbaik hati pada nyamuk,jagalah lingkungan sekitar agar tidak menjadi  sarang nyamuk.

Author : Jihan Nurhidayah, D3 fisioterapi

0 Response to "B E N T O L…You Know Why ?"

Posting Komentar