Koperasi Kejujuran SMA Al-Irsyad





Banyak cara yang dilakukan oleh sekolah agar peserta didiknya menjadi orang yang jujur baik dalam perkataan maupun perbuatan. Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh  SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, yaitu dengan mendirikan Koperasi Kejujuran.




Para siswa sedang berbelanja di Koperasi Kejujuran

Koperasi yang menempati koridor depan ruang guru di lantai dua itu, memajang barang-barang dagangannya dalam sebuah etalase kaca, dan satu buah rak untuk makanan ringan. Setiap peserta didik yang akan membeli, dipersilakan untuk mengambil sendiri barang yang hendak dibeli, kemudian menuliskannya di sebuah buku khusus jurnal pembelian dan kemudian meletakkan uangnya di kotak di atas etalase. Kalau perlu kembalian, siswa  bisa mengambilnya sendiri.

Di Koperasi Kejujuran menurut pengelolanya, Ustadzah Rini Cahyawati dan Ustadzah Diana Yulies Artiti, dijual barang-barang seperti alat tulis, makanan ringan, perlengkapan seragam dan perlengkapan untuk kebutuhan peserta didik putri. Barang-barang tersebut sebagian besar tidak dijual di kantin sekolah, sehingga kantin sekolah masih tetap ramai dikunjungi.  




Ustadah Rini Cahyawati,S.Pd. dan Ustadah Diana Yulies Artiti,S.pd. di depan etalase Koperasi Kejujuran

Karena masih baru maka Koperasi Kejujuran masih perlu pengawasan dari para pengelola dengan dibantu  pengurus OSIS. Hal itu disebabkan masih banyaknya peserta didik yang lupa menulis barang yang dibeli. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai terbiasa dengan tradisi baru di Koperasi Kejujuran, yaitu belanja dengan jujur dan disiplin, tanpa pengawasan. “Saya  kebantu banget kalau mau beli pulpen, pas pulpen abis. Jadi nggak jauh-jauh ke kantin”, kata Hadijah kelas XI. “Betul sekali”, kata Maya dan Yulianti yang juga kelas XI  mengamini.

“Semoga saja tujuan didirikanya Koperasi Kejujuran yaitu melatih kejujuran peserta didik dalam hal pembelian dan penjualan dapat tercapai,” kata Jantika ketua OSIS yang baru. Amin, InsyaAllah.

Author : Kusrihadi

0 Response to "Koperasi Kejujuran SMA Al-Irsyad"

Posting Komentar