My Parent is My Teacher




Salah satu program unggulan di SD Al Irsyad 02 cilacap adalah kegiatan Sabtu Ceria yang diadakan setiap hari Sabtu pukul 07.00-07.40. Ada bermacam-kegiatan yang diadakan di dalamnya, antara lain senam sehat, jalan sehat, pemberian makanan tambahan, mendatangkan tokoh, dan sabtu bersih.

Beberapa waktu yang lalu,   Sabtu Ceria   mendatangkan tokoh. Namun tidak sebagaimana biasanya, kali ini kegiatan mendatangkan tokoh” agak sedikit berbeda. Biasanya, semua siswa   dikumpulkan di lapangan untuk mendapatkan uraian dari tokoh tersebut, namun kali ini, mereka tetap berada di kelas masing-masing karena tokoh yang didatangkan adalah salah satu dari orang tua mereka.

Pilihan tema  disesuaikan dengan profesi orang tua yang diundang. Para orang tua   akan berbagi pengalaman tentang apa dan bagaimana profesi mereka, serta memberikan motivasi kepada anak-anak agar tetap bersemangat dalam menuntut ilmu sehingga dapat meraih apa yang menjadi cita-cita mereka.




Beberapa tema yang diusung, antara lain tentang kesehatan, kelautan, kewirausahaan, menu makanan sehat, tentang energi dan lain-lain. Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena mereka merasakan adanya suasana dan pengalaman baru saat tokoh dari luar datang.

Di salah satu kelas misalnya, membahas tentang kelutan di Cilacap. Mereka dijelaskan tentang pelabuhan kota cilacap dan aktivitas-aktivitas didalamnya. Dijelaskan juga bahwa ikan itu merupakan makanan   sehat yang kaya akan protein. Berbagai macam olahan ikan antara lain bakso, nugget, sosis, krupuk, tepung, bahkan bisa juga diolah menjadi mie. Di akhir acara, anak-anak diberi motivasi agar mereka tetap semangat dalam belajar agar bisa mengelola alam dengan baik.




Kegiatan ini pada akhirnya dapat memperkuat jalinan kerja sama yang baik antara sekolah dengan wali murid, sehingga akan memberi  dampak positif dalam banyak aspek, khususnya dalam hal  menunjang prestasi siswa baik akademik maupun non akademik. Siswa akan merasakan kehadiran orang tua di sekolah dan akan “memperhitungkan” orang tua. Susah dipungkiri bahwa banyak anak yang ketika di rumah tidak mau belajar dengan orang tua nya karena mereka merasa bahwa orang tua mereka tidak sehebat guru di sekolah.

Author : Tisna Prilia Martanti


0 Response to "My Parent is My Teacher"

Posting Komentar