BLC Merubah Nothing Jadi Something…





Assalamu’alaikum teman–teman… Jumpa lagi nih dengan BLC (Butterfly Learning Centre).  Kali ini teman–teman BLC ingin berbagi cerita tentang kegiatan life skill. Mereka tidak pernah kehabisan kreatifitas. Kali ini kegiatan life skill-nya adalah mengubah sesuatu yang dianggap tidak berguna (nothing) menjadi berguna (something). Yuk, kita simak aktivitas kreatif siswa BLC yang dibimbing oleh Ust. Lasmini ini.





Kegiatan yang dimaksud adalah mendaur ulang sampah kardus bekas dan kemasan minyak goreng yang tidak berharga menjadi kotak serba guna yang bernilai estetika (keindahan) dan bernilai jual. Bahan-bahan yang digunakan antara lain: jarum jahit yang besar (jarum kasur), gunting, tali rafia, kardus bekas, kemasan bekas minyak goreng atau kemasan lainnya.

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama-tama gunting kardus bekas dengan bentuk persegi dengan ukuran 30 x 30 sebanyak 6 buah. Kemudian masing-masing kardus dilapisi dengan kemasan minyak goreng yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya semua tepi kardus dijahit dengan menggunakan tali rafia, disatukan  bagian-bagiannya dengan dijahit kembali sehingga menjadi sebuah kotak. Kotak yang dibuat dapat digunakan untuk menyimpan mainan, dan lain-lain.

Mudah kan teman-teman? Kalian bisa mencobanya di rumah. Namun, sebaiknya untuk menggunting dan menjahit jangan lupa minta untuk didampingi orang tua ya!





Nah, sekarang apa pelajaran penting yang dapat kita ambil dari ajang kreatif BLC ini? Pertama, tentu kegiatan ini bisa merangsang tumbuhnya jiwa kreatif dan kewirausahaan (bisnis), yang bisa menjadi bekal penting di kemudian hari. Kedua,  selain mendapatkan manfaat ekonomis, siswa  turut serta menjaga kelestarian lingkungan dengan mendaur ulang sampah sekaligus. Semoga pengalaman teman-teman BLC dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua.  

Author : Isti Komah

0 Response to "BLC Merubah Nothing Jadi Something…"

Posting Komentar