Manfaat dan Pentingnya Olahraga Memanah






Olah raga yang membutuhkan fokus tinggi adalah memanah. Olahraga memanah termasuk olahraga yang tergolong tua karena busur yang digunakan untuk memanah ini ditemukan pada masa Paleolitik atau awal periode Mesolitik. Bukti-bukti menunjukkan bahwa sejarah memanah sudah ditemukan sejak 5.000 tahun yang lalu. Dulu memanah digunakan untuk berburu dan kemudian dikembangkan sebagai senjata dalam pertempuran dan kemudian dikembangkan lagi menjadi olahraga ketepatan. Olahraga ini sangat populer dan digemari oleh orang yang suka berburu serta tembak sasaran.

Dalam memanah kita membutuhkan alat busur atau panah atau busur panah. Orang yang ahli dalam memanah disebut pemanah. Seperti yang kita tahu bahwa memanah merupakan olahraga yang tidak mudah. Karena olahraga ini tidak hanya sekadar untuk menembakkan sebuah panah kesembarang tempat.Tidak juga sekadar memanah untuk mendapatkan sasaran dan berharap akan mengenainya.Untuk itu dalam memainkan anak panah kita dilatih untuk berkonsentrasi dan mengontrol emosi yang baik. Jika emosi kita terganggu maka target atau sasaran kita akan melenceng. Dan secara tidak langsung olahraga ini melatih kita untuk tenang dan pandai mengendalikan emosi. Memanah sangat menitikberatkan keseimbangan tubuh.Pada saat melenturkan anak panah di busurnya, kemudian melepaskannya perlu ada kekuatan fisik.

Olahraga memanah mempunyai banyak manfaat fisik dan psikis kita. Manfaat untuk fisik kita seperti menjaga fleksibilitas otot di jari tangan, lengan, hingga pundak, melatih keawasan atau ketajaman pandangan mata serta melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita.

Sedangkan manfaat untuk kesehatan psikis kita diantaranya :
1.   Melatih konsentrasi. Mengarahkan anak panah agar lemparan panah tidak meleset serta tepat sasaran merupakan cara kita melatih konsentrasi. Jika kita sudah mahir melatih konsentrasi tentu saja ini bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari, misalnya konsentrasi dalam mengerjakan tugas sekolah, kuliah atau kantor dan konsentrasi dalam mengambil keputusan.
2.   Menjaga kesabaran. Hal yang sangat penting dalam kehidpan sehari-hari kita adalah sabar. Memanah dapat melatih kesabaran kita karena sengan melemparkan anak panah secara berulang-ulang dapat mencapai sasaran yang tepat. Jika kita sudah mahir tentu manfaat untuk kehidupan sehari-hari pasti ada seperti kita menjadi pribadi yang lebih sabar dalam menghadapi beragam masalah kehidupan.
3.   Positive Thinking & PercayaDiri. Berpikir positif secara tidak langsung akan tertera dalam diri Anda jika Anda seorang pemanah, karena memanah memerlukan rasa percaya diri tinggi dalam diri untuk dapat menaklukan sasaran anak panah. Dengan demikian Anda terlatih untuk menjadi pribadi kuat yang tidak mudah menyerah.

Yang lebih penting lagi olah raga ini termasuk olahraga yang dianjurkan oleh Rosululloh SAW. Sabda Rasulullah SAW, “Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (RiwayatBazzar, dan Thabarani dengan sanad yang baik)

Bahkan disebutkan juga bahwa orang yang melepaskan abak panah di jalan Alloh itu bagaikan orang yang memerdekakan budak. “Ajarilah anak-anak kalian berenang dan memanah dan wanita menenun/memintal.”(HR. Baihaqi dari Ibnu Umar). Belajarlah memanah, karena sesungguhnya apa yang ada diantara dua sasaran adalah taman dari taman-tamannya surga.

Dengan berlatih memanah Insya alloh kita menjadi pribadi yang berkualitas. Mampu menjadi pemimpin yang baik dalam mengambil keputusan serta dilatih menjadi pribadi yang tangguh dan kuat. Demikianlah manfaat dan pentingnya olahraga memanah.

Author : Ratna, S1 Keperawatan

0 Response to "Manfaat dan Pentingnya Olahraga Memanah"

Posting Komentar