Menyablon? Ahay…, Bagaimana caranya ya?

 
Jumpa lagi, dengan BLC (Butterfly Learning Center) teman-teman… Sudah beberapa bulan ini, BLC memiliki satu kegiatan baru dalam rencana pembelajarannya, yaitu memberikan keterampilan atau life skill bagi peserta didik yang duduk di bangku kelas 5 SD sampai peserta didik SMA. Diharapkan dengan kegiatan-kegiatan tersebut anak didik bisa mengasah kemampuannya dalam berwirausaha

Kegiatan terbaru yang masih berlangsung  di BLC ini adalah keterampilan dalam menyablon kaos. Jadi, selama beberapa kali pertemuan, siswa BLC “diajari” bagaimana caranya membuat kaos yang tadinya polos menjadi bergambar atau minimal memiliki tulisan di atasnya.

BLC kali ini bekerjasama dengan salah satu perusahaan di bidang percetakan yang ada di Cilacap. Tamu BLC yang sangat istimewa ini  mengajarkan kepada anak-anak tentang proses-proses yang harus dilalui untuk membuat sablon di kaos. 

Proses sablon yang dipelajari saat ini adalah proses sablon secara manual, sehingga langkah-langkah yang harus dilalui cukup panjang. Anak-anak diajari mulai dari cara membuat desain dengan menggunakan program Correl Draw, hingga menyetak film pada plat besi atau kertas, mencetak tulisan atau gambar pada screen sampai proses terakhir yaitu menyablon pada kain dengan menggunakan tinta.

Meski kegiatan yang dilakukan cukup rumit dan butuh proses panjang, alhamdulillah anak-anak  sangat bersemangat, bahkan  antusias dalam mengikuti setiap tahapannya

Dengan diadakannya kegiatan life skill seperti ini, diharapkan anak-anak dapat membangun kepercayaan diri dan berwawasan kewirausahaan. Selain itu juga memiliki ketrampilan nyata yang bisa diaktualisasikan di masa yang akan datang sebagai bekal hidup yang bisa diandalkan.

Author : Suci Ariningtyas


0 Response to "Menyablon? Ahay…, Bagaimana caranya ya?"

Posting Komentar