Dosen dan Mahasiswa STIKES yang Membanggakan

 
Dirjen Pendidikan tinggi (DIKTI) setiap tahun  membuka  kesempatan bagi Dosen dan Mahasiswa untuk mengikuti program hibah penelitian dan pengabdian masyarakat.  Program hibah tersebutdapat diakses melalui Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SIM-LITABMAS).

Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPT PPM) selalu menindaklanjuti program tersebut agar seluruh dosen dan mahasiswa STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah cilacap dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Aktifitas pemberdayaan yang dilakukan diantaranya ialah dengan mengadakan kegiatan penunjang seperti Sosialisasi, Workshop, serta Pelatihan pembuatan proposal yang didampingi oleh dosen-dosen yang berpengalaman dan sering lolos untuk didanai oleh DIKTI, baik dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) maupun Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto.

Kerja keras dan ketekunan Dosen dan Mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan proposal, telah membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Pada Tahun 2015, Dosen STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap berhasil meloloskan 5 (lima) Proposal Dosen Pemula (PDP), 1 (satu) Proposal Ipteks bagi Masyarakat (IbM) dan 13 proposal Program Kreativitas Mahasiswa ( PKM ).

Besar dana yang diterima oleh Dosen STIKES   pada skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) dari program studi D3 Kebidanan dan Program Studi D3 keperawatan yaitu Rp. 52.500.000.00,  dan pada skema Ipteks bagi Masyarakat (IbM) hibah yang diterima adalah sebesar Rp. 38.000.000.00, yang diraih oleh program studi S1 Keperawatan. 

Prestasi yang tidak kalah membanggakan didapat oleh mahasiswa melalui skema Program Kreativitas Mahasiwa (PKM). Jumlah proposal  mahasiswa yang lolos dan berhasil didanai oleh DIKTI pada tahun 2015 ini yaitu 12 proposal dari Program Studi D3 farmasi dan 1 (satu) dari Program Studi S1 Keperawatan, dengan nilai Rp. 111.754.000.00.  Jika ditotal penerimaan dana hibah dari para Dosen dan Mahasiswa sampai dengan tahun 2015 mencapai Rp. 202.254.000.- dan masih menjadi peraih terbanyak pada tingkat STIKES di seluruh Indonesia. Alhamdulillah.

Author : Honako Saipontas

0 Response to "Dosen dan Mahasiswa STIKES yang Membanggakan"

Posting Komentar