Cooking Class TK Al-Irsyad 01 Cilacap



            Ada suasana yang berbeda di aula TK Al Irsyad 01. Tercium aroma wangi masakan yang membuat perut menjadi lapar. Kira kira ada apa ya, di aula? Oh , ternyata sedang ada kegiatan cooking class (belajar memasak) yaitu  membuat kue bolu kukus bagi siswa-siswi TK Al Irsyad 01. Kata Ustadzah, dengan kegiatan cooking class ini diharapkan anak-anak jadi mengenal cara membuat kue, dan nantinya  dapat membuat kue sendiri. 

               Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok  pertama praktik memasak pada hari jumat, tanggal 17 Oktober 2014. Kelompok ini terdiri dari kelompok Emas, Berlian, Mutiara dan Kristal. Sedangkan kelompok dua melaksanakan praktik pada hari Sabtu, tanggal 18 Oktober 2014, yang beranggotakan  kelompok Safir, Zamrud dan Ruby.

               Untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yangh terbaik, diundanglah nara sumber yang ahli membuat kue,  yaitu ibu Shelvy. Beliau adalah ibunda dari  Kayla di kelompok Safir. Ibu Shelvy menjelaskan kepada anak anak bahan dan cara membuat kue bolu kukus. Kata beliau, bahan-bahan yang diperlukan diantaranya telur, gula pasir dan ovalet (pengembang kue), tepung terigu, vanili dan air soda. 

Cara membuatnya, pertama, telur, gula pasir dan ovalet dikocok hingga mengembang. Kemudian kedalam adonan tadi dicampurkan tepung terigu, vanili dan air soda hingga menjadi adonan yang kental. Dengan antusias, anak anak  memperhatikan penjelasan yang disampaikan, sekaligus diperagakan. Beberapa anak malahan  ada yang maju ke depan turut membantu memasukkan bahan bahannya.

Setelah selesai, beberapa bagian dari adonan diberi pewarna makanan. Ada warna pink, biru, ungu, hijau dan kuning.Anak anak kemudian antri untuk memasukkan adonan ke dalam cetakan. Anak bebas memilih warna yang disukainya.” Aku mau warna ungu, biru sama pink” kata Naureen dari kelompok berlian.

     Setelah adonan masuk cetakan, kemudian dikukus. Setelah menunggu sekitar 15 menit, kue pun matang. Hasilnya, Subhanallah... seperti bunga bermekaran,beraneka warna.  Anak anak sangat senang  memandang kue buatan sendiri. Sebagian memakan langsung, namun ada juga yang membawanya pulang. Kapan kalian akan mencoba membuat kue sendiri di rumah? Ayo, jangan ragu belajar kepada Ibu atau tante yang sudah ahli.

Author : Tatun Fitriatun

0 Response to "Cooking Class TK Al-Irsyad 01 Cilacap"

Posting Komentar