Kampus Prestasi, Peraih Terbanyak Hibah PKM dari DIKTI





Kompetisi paling bergengsi untuk mahasiswa se-Indonesia pada tahun 2013 ini kembali digelar. Tidak lain kompetisi itu adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidkan Tinggi (DIKTI), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam forum kompetisi ini, mahasiswa dari seluruh Indonesia ditantang untuk menunjukkan hasil karya kreatifnya melalui pengusulan proposal  secara berkelompok dari berbagai bidang inovasi seperti Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kewirausahaan, Teknologi, dan Karya Cipta.

Dari puluhan ribu proposal yang diseleksi, DIKTI melakukan proses seleksi dan memberikan penghargaan berupa hibah dana untuk pelaksanaan program kepada kelompok-kelompok mahasiswa yang berhasil menunjukkan kreativitasnya sehingga layak didanai. Dari tahun ke tahun, peminat program ini semakin banyak sehingga pada tahun 2013, proses pengajuan proposal, seleksi dan pengumuman dilakukan secara online. Grand Final PKM adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang digelar setiap tahun sebagai pembuktian karya mahasiswa untuk dipertandingkan secara Nasional. Hanya PKM yang telah melalui seleksi cukup ketat dan dianggap sukses dalam programnya yang bisa diundang untuk mengikuti PIMNAS.

Program Studi (Prodi) D3 Farmasi STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap telah aktif mengikuti PKM sejak tahun 2010 sampai dengan saat ini. Pada tahun 2010, berhasil meloloskan 2 judul PKM yang didanai oleh DIKTI, pada tahun 2011 sebanyak 3 judul, tahun 2012 sebanyak 3 judul dan satu di antaranya masuk ke ajang PIMNAS ke 25 di UMY, serta pada tahun 2013 sebanyak 10 judul. Pencapaian ini membawa Prodi D3 Farmasi STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap sebagai peraih terbanyak untuk kategori D3 farmasi dalam PKM tahun ini. Prestasi ini tentu sangat membanggakan bagi Kabupaten Cilacap di bidang prestasi yang dicapai oleh perguruan tinggi. Pihak kampus STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap juga sangat mensyukuri pencapaian ini dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah menorehkan prestasinya di level nasional.

Pihak kampus sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak di kabupaten Cilacap agar pelaksanaan program PKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi D3 Farmasi dapat berjalan sukses dan lancar. Dengan demikian mahasiswa diharapkan dapat tampil kembali mewakili Cilacap khususnya dan Jawa Tengah umumnya dalam PIMNAS tahun 2013. Sebagaimana telah diketahui, pada tahun 2012, satu kelompok mahasiswa Prodi D3 Farmasi STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap telah tampil di ajang PIMNAS. Judul yang dibawakan adalah kategori PKM-M (Pengabdian Masyarakat) yaitu “Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Pengawas Minum Obat (PMO) dalam Upaya Penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Cilacap. Mahasiswa yang telah membawa nama Jawa Tengah dan Kabupaten Cilacap di level nasional tersebut adalah Lulu Arifah, Nurul Azizah, Yayat Wijayanto, dan Sugeng Romadhoni.

Dengan mengharap rido Allah dan senantiasa bersyukur kepada-Nya dan terinspirasi oleh semangat Nabi junjungan Muhammad SAW, Prodi D3 Farmasi STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap telah mendapatkan anugrah sebagai Prodi D3 Farmasi yang berprestasi. Pencapaian ini perlu terus ditingkatkan karena sejak tahun 2010-2013, Prodi yang telah terakreditasi oleh BAN-PT ini telah menorehkan berbagai prestasi mahasiswa maupun dosen di level propinsi maupun nasional. Dengan prestasi, diharapkan mahasiswa lulusan Prodi D3 Farmasi STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap semakin teruji dan terpercaya untuk mendapatkan tempat berkarya yang terbaik di hati masyarakat Indonesia.

0 Response to "Kampus Prestasi, Peraih Terbanyak Hibah PKM dari DIKTI"

Posting Komentar