AL-IRSYAD CILACAP MEMBANTU TAHAP RECOVERY KORBAN BANJIR BANDANG GARUT




Banjir bandang garut beberapa waktu lalu mengakibatkan kehilangan harta benda, tempat tinggal dan keluarga. Mereka yang selamat juga belum bisa hidup dengan nyaman sepenuhnya, karena belum memiliki tempat tinggal yang layak dan sarana kebersihan yang memadai.

Sarana kebersihan, seperti tempat MCK, sabun mandi, shampoo, sikat gigi dan sejenisnya, menjadi hal yang sangat dibutuhkan pada saat recovery bencana. Karena pada umumnya, pada tahap ini kebanyakan tim relawan sudah berhenti membantu dan kembali ke daerah asalnya masing-masing. Padahal masalah yang dihadapi korban banjir belum selesai.

Berangkat dari hal tersebut, Yayasan Sosial Al-Irsyad Cilacap dengan dikoordinir oleh LAZIS Al-Irsyad melakukan gerakan Komunitas Muslim Cilacap Peduli Garut. Aksinya adalah berupa pengumpulan sabun mandi, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, mukena baru dan sajadah baru. Aksi pengumpulan dimulai Sabtu, 1 oktober s.d. senin 11 oktober 2016.
Sasaran aksi ini adalah para siswa, wali murid, guru dan karyawan di lingkungan Yayasan Sosial Al-Irsyad Cilacap. Selain itu, tim LAZIS Al-Irsyad juga bergerak menyebar poster pengumpulan bantuan ke sejumlah masjid, pengajian, komunitas arisan dan perkumpulan PKK.

Alhamdulillah. Antusias yang luar biasa muncul. sampai hari terakhir pengumpulan. Tercatat bantuan yang terkumpul adalah sebagai berikut:

NAMA BARANG
JUMLAH
SATUAN
Sabun Mandi
5986
buah
Shampo Sachet
23356
buah
Shampo botol
13
buah
Pasta Gigi (Odol)
1783
buah
Sikat Gigi
1857
buah
Mukena / Rukuh
114
stel
Sajadah
102
buah
Sarung
13
buah
Detergent
72
buah
Sabun Colek
5
buah
Sabun Cuci Sachet
12
buah
Baby Oil
6
buah
Buku Tulis
4
pak
Pampers
3
buah
Pembalut wanita
1
buah
Jilbab
1
buah
Baju Putri
1
buah

Bantuan tersebut sudah dikirim ke Garut pada hari sabtu, 15 Oktober 2016. Penyaluran bantuan ini bekerjasama dengan tim Formula Tanggap Bencana APU (Al-Azhar Peduli Ummat) yang sudah standby di sana sejak H+1 melakukan aksi tanggap darurat dan program recovery.  

Selain menyerahkan bantuan barang tersebut, LAZIS Al-Irsyad juga menyerahkan donasi berupa uang sejumlah Rp. 10.000.000,- dari kas IDC S3 dan tambahan Rp. 120.000,- dari donatur lainnya. Donasi ini disalurkan juga melalui tim Formula Tanggap Bencana APU (Al-Azhar Peduli Ummat) untuk digunakan dalam proses recovery akibat bencana banjir bandang Garut.
 


Terima kasih kami ucapkan kepada segenap member IDC S3 simpul Al-irsyad Cilacap, para siswa, wali murid, guru dan karyawan di lingkungan Yayasan Sosial Al-Irsyad Cilacap. Juga kami ucapkan terima kasih kepada para Takmir, pimpinan pengajian, pimpinan komunitas arisan dan para ibu PKK yang telah turut serta berpartisipasi dalam aksi peduli garut ini. 

Selanjutnya, kami ucapkan terima kasih juga atas bantuan dan dukungan penuh dari tim Formula Tanggap Bencana APU (Al-Azhar Peduli Ummat), sehingga bantuan ini dapat disalurkan kepada yang membutuhkan.  Mudah-Mudahan Allah SWT melipat gandakan amal sholeh kita.

Author : Slamet Wahyudin, SPt.

0 Response to "AL-IRSYAD CILACAP MEMBANTU TAHAP RECOVERY KORBAN BANJIR BANDANG GARUT"

Posting Komentar